Tom Yam Piss; Sop Udang Bau Pesing

Ini adalah kejadian yang baru-baru ini gue alamin, dan ini baru banget, alias baru kemaren. Ga cuma cerita, post ini bisa dipraktekin beneran kok. Ini resep yang terbukti aman, kalo dibaca sampe akhir.

Ceritanya, untuk hari pertama berbuka nie, gue pengen buat masakan sendiri. Yang keren dikitlah, gue nyiapin bahan untuk buat Tom Yum Gong, sop seafood Thailand. Kebetulan gue lagi ngidam udang. Langsung gue tancep ke allrecipes.com dan dengan semangat 45, belanja ke Carrefour.

Tom Yam Goong

Tom Yam Goong

Yang gue beli itu so pasti UDANG dan CUMI sebanyak yang mampu gue beli, terus batang sereh, lengkuas sebiji, dua biji lemon, sepaket daun jeruk, cabe merah, cabe rawit, cabe caplak, en kecap ikan. Yang pasti lebih murah beli semua ini daripada lo makan di Suki Zuki. Gue ngacak-ngacak kosan orang dalam proses nyiapin bahan-bahan ini, berhubung enaknya dimakan tidak sendirian.

Tahap pertama, gue bikin kaldu udang. Tulisan di resep : EMPAT CANGKIR AIR direbus bersama kulit dan kepala udang selama 20 menit lalu biarkan sampai jadi hangat. Cangkir yang lagi bersih di kosan temen gue ini cuma cangkir kopi, itu loh yang bonus paket nescafe. Nah gue tuang deh empat cangkir, karena masih dikit, gue kasih secangkir lagi.

Tahap kedua, selama merebus kaldu udang, siapkan bumbu-bumbu. Dua batang sereh dipotong-potong jadi seukuran korek api, begitu kata resepnya. Yang ada di pikiran gue, tentu gak pake pentulnya, karena bakal susah buatnya (begox). Siapin 4 lembar daun lemon. Kupas lengkuas, ambil 4 iris aja (busyet banget gak? Padahal gue beli lengkuas gede banget!). 2 cabe merah, 2 cabe rawit, dan 2 cabe caplak diiris-iris. Kenapa beda-beda? Masalah estetika doang. Aslinya sih cuma pake cabe caplak, tapi tar ga da warna ijo dong??

Baca entri selengkapnya »