Petugas a-BETE : Harus Waspada DBD, atau Waspada PUNGLI ??

Kejadian NYATA yang terjadi dua hari yang lalu di kosan.

(pintu digedor kayak ada penggrebekan Narkoba, jadi saya yang masih setengah tidur loncat spontan buka pintu.)

PETUGAS : “Pagi, Mbak. Saya dari kelurahan, ini mau ngasih penyuluhan DBD.”

SAYA : “Hho ..” (ngeliatin tangan petugas yang sibuk nulis-nulis)

PETUGAS : “Ini silakan dibaca, Mbak. Tolong dipegang ini.” (ngejejelin brosur dan gunungan bungkus Abate ke tangan saya)

SAYA : “Penyuluhannya mana, mas ?”

PETUGAS : “Itu dibaca aja, Mbak, brosurnya.” (masih sibuk nulis) “Nama mbak siapa ya ?”

SAYA : “Z-E-A, mas. Itu nulis apa ya, kayak kwitansi ?”

PETUGAS : “Ini buat Abate yang Mbak pegang, jadi 30.000 rupiah aja, Mbak.”

SAYA : “Kata siapa saya mau beli ? Lagian kosan ini pake shower, sana kasih ke pengurus kosan aja.”

PETUGAS : “Khan buat ngepel, mbak. Semuanya wajib nih beli.”

SAYA : “Kosan sini dipelin.” (mulai jutek)


PETUGAS : “Semua harus partisipasi minimal 5 bungkus, mbak.” (muka melas)

SAYA : “Ya udah, sini saya bantu laporan mas deh, tapi 5 bungkus aja. Jadi pas khan 10.000 ?” (nunjuk harga Rp. 2000 di bungkus)

PETUGAS : “Wah, nggak bisa, mbak. Jadinya 15.000, soalnya sama biaya operasional dari kelurahan, seribu per bungkus.”

SAYA : “Masa sih ? Mana surat perintah operasional yang bilang ada biayanya ?”

PETUGAS : “Eh … itu ada di peraturan, Mbak, ga dikeluarin di surat gitu.”

SAYA : “Peraturan siapa, mas ?” PETUGAS : “Emmm … Dinas Kesehatan …” (gestur mulai ga sabaran)

SAYA : “Hah ? Dikeluarin kapan, mas ? Nomor berapa ? Koq ga ada penyuluhannya di kampus saya ya, khan saya fakultas hukum. Terus mas ini dari Dinkes apa Kelurahan jadinya ?”

PETUGAS : “Ada koq, Mbak, aturannya.”

SAYA : “Yang bener, mas ? Nomor berapa tuh peraturannya ? Saya Google dulu boleh ga ? Kalo nggak ada berarti mas PUNGLI loh, saya laporin loh !” (mata nyipit)

PETUGAS : “Ahhh, ya udah deh kalo mbak adanya sepuluh ribu (ngeles kurang ajar), nih ambil aja, kuitansi juga ga saya ganti nih, soalnya memang kudu segitu harganya, mbak saya diskonin loh.” (gelisah-gelisah kesel)

SAYA : “Ya udah, saya minta duit dulu ke kakak saya ya.”

Setelah penyerahan uang, sang petugas kabur secepat kilat. Sedangkan saya mendoakan semoga puasanya TETAP diberkahi oleh Allah SWT. Kemudian saya dan adik bertanya-tanya bagaimana kalau saya mengakunya dari Fakultas Biologi dan malah ceramah balik ke si petugas.  Apalagi dia beranggapan LARVASIDA bisa mengusir NYAMUK kalau dipakai mengepel.  Hari itu saya beranggapan saya beramal kepada sang petugas yang mulai keringat dingin dan gemetar setelah saya ancam dilaporkan dengan tuduhan PUNGLI.

Percakapan ini kemudian saya ekspos ke FB, dan banyak reaksi yang cukup mencengangkan.  Mari saya beri salinannya.

H.N.Z. Bah! Hahaha. Cerdas cerdas…
Kalo ibuku mah langsung neriakin mas2’a.
“harga abate seharga ongkos anak saya! Males amat.”

Sh.B. Hihi, keren lo Ze… Kalo kosan lama gw cr menghindarinya dgn masang tulisan gede d dpn gerbangnya: “NGAMEN GRATIS, ABATE APALAGI”, lumayan ngaruh jg siy, si mas2/mbak2 penjual abate ga pernah nongol lg dah d kosan gw, hehe.

Ma.A. ze,, gw pernah juga punya pengalaman ‘abete’,, kamar gw dimasukin babang” obat abate dulu pas gw lagi tidur pules”nya, hasilnya bangun” handphone gw lenyap.. setaun kemudian babang” abate dateng lagi ke kosan, terus waktu nawarin abate ama temen sekosan gw langsung diteriakin MALIIINGG, eehh langsung lari seketika ntuh si babang..

A.An.Am. hahaa..itu kan grstis ze mestinya
hahaa..gw ktawa2 bacanya
hmpir sama kyk gw.tapi gw endingnya ga beli kyk lo.cuma sm2 di kerjain dulu.

HARAPAN SAYA : semoga ada Pejabat berotak waras, apalagi dari DINKES, yang baca post ini dan berkesadaran MENERTIBKAN pembagian Abate.  Jangan bikin masyarakat jadi apatis terhadap pencegahan DBD gara-gara masalah ini.

Bagaimana pengalaman Ah BETE anda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: