My Top 10 Must Watch Movies of 2010; and everything else beneath the chart

Yoha, movie-goers, sudah saatnya ada review berbahasa Indonesia yang ga dibikin via translator.  Oh, I just hate that translator crap, malah bikin bingung bacanya.  How come I can understand English more than the language I use to speak everyday ??  Itu pertanyaan yang selalu muncul tiap ada tulisan yang diterjemahin secara instan.  Well, anyway, let’s do the chart.

#1 Alice in Wonderland

Alice In Wonderland

Alice In Wonderland

Release Date: March 5, 2010

Starring: Johnny Depp, Mia Kingsley, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway

Director: Tim Burton

Another remake, yet another collaboration between Johnny Depp + Helena Bonham Carter + Tim Burton.  What do you expect ?

Dalam remake ini, kita ga akan liat kisah klasik Alice yang penuh hal-hal lucu itu.  Cerita dimulai ketika Alice (Kingsley), yang sudah jadi remaja 19 tahun, lagi-lagi masuk ke dalam Wonderland, but she doesn’t have any clue yet that she has been here.  Ternyata, pemerintahan Ratu Putih yang baik (Hathaway) baru dilengserkan sama Ratu Merah yang jahat (Bonham-Carter).  Ah, politics …

Jadi, dengan bantuan White Rabbit (Michael Sheen), the Caterpillar (Alan Rickman), The Mad Hatter (Johnny Depp), Tweedledee & Tweedledum (Matt Lucas), plus the Cheshire Cat (Stephen Fry), Alice berusaha mengembalikan keadaan menjadi lebih bahagia dengan cara menggulingkan Ratu Merah dari tahtanya.  Siapa yang setuju film ini jadi nomor 1 di chart saya ??

#2 The Chronicles Of Narnia; The Voyage of The Dawn Treader

Release Date: December 10, 2010

Starring: Skandar Keynes, Ben Barnes, Will Poulter, Liam Neeson

Director: Michael Apted

The Voyage Of The Dawn Treader

The Voyage Of The Dawn Treader

Ah, c’mon, like you really need a review !  *LOL*

Yeah, buat yang belum baca bukunya aja deh review-nya.

Bagi penggemar Peter and Sarah Pevensie, sorry, guys, we won’t meet them this time.  Kali ini cuma Edmund dan Lucy yang masuk ke Narnia, karena Peter dan Sarah dianggap sudah akil balig.  But wait, who’s that boy coming with you, Luce ?  Ups, let me rewind !

Lucy dan Edmund terpaksa menghabiskan liburan bersama sepupu mereka yang super nyebelin bernama Eustace Scrubb.  Saat sedang beradu argumen tentang Narnia, mereka malah ‘nyemplung’ ke dalam tulisan, dan tiba-tiba saja sudah terombang-ambing di dalam lautan.  Untungnya, mereka jatuh dekat kapal The Dawn Treader kepunyaan Prince Caspian, yang sekarang sudah jadi King Caspian tentunya.

Banyak kejadian seru selama perjalanan mereka, termasuk ketika Eustace berubah jadi naga akibat sikapnya yang buruk, ketika mereka menemukan kolam yang airnya bisa merubah apa saja menjadi emas, apa yang mereka temukan di ujung dunia, dan seterusnnya.  Kalo dikasih detail, nanti saya dibilang merusak kejutan khan ?  So let’s just expect this movie to be ‘NARNIALY AMAZING’ !

#3 Prince Of Persia ; Sands of Time

Release Date: May 28, 2010

Starring: Jake Gyllennhall, Gemma Arterton, Ben Kingsley

Director: Mike Newell

Sands of Time

Sands of Time

Yeah, another game-based-movie.  Yet, tampaknya menarik, anyway sutradaranya juga Mike Newell, you know, sutradaranya Harry Potter itu lho.  Semoga jadinya ga seancur Harry Potter yah.

Ber-setting di Persia abad pertengahan (begitu kata review resminya, karena saya ga pernah ke Persia abad pertengahan, jadi saya iyakan saja), Prince of Persia mengisahkan seorang pangeran petualang yang ‘terpaksa’ bekerja sama dengan putri yang biasanya merupakan saingan beratnya (oh yeah ?  *mengendus cinlok*) untuk menghentikan seorang penguasa yang murka agar tidak melepaskan sebuah badai pasir yang kemungkinan besar menghancurkan dunia.

Diawali karena sang pangeran kena tipu oleh seorang Vizier yang sekarat untuk melepaskan pasir waktu (Sands of Time) yang malah menghancurkan sebuah kerajaan dan merubah penduduknya menjadi monster-monster yang ganas.  Dalam rangka menyelamatkan kerajaannya, sekaligus menebus kesalahannya, maka sang pangeran dan si putri misterius itu pun berusaha keras mencari pisau waktu (Dagger of Time)yang bisa mengembalikan pasir-pasir itu ke dalam jam pasir yang merupakan tempatnya, yang juga memberikan kendali bagi pemiliknya untuk memanipulasi aliran waktu.

#4  AVATAR; The Last Airbender

Release Date: July 2, 2010

Starring: Noah Ringer, Dev Patel, Jackson Rathbone, Nicola Peltz

Director: M. Night Shymalan

Avatar; The Last Airbender

Avatar; The Last Airbender

Akrab dengan judul ini ?

Kalau iya, berarti anda juga seorang Nick sejati seperti saya.  Avatar, Spongebob, maybe later, Ben 10.

Yapp, ini adalah kisah petualangan Aang (Ringer), seorang anak yang merupakan orang terakhir dari sukunya, pengendali angin, yang dibekukan agar selamat dari serangan.  Ternyata, Aang merupakan seorang avatar, dan absennya avatar yang menjaga ketertiban dunia, adalah karena tidur panjangnya tadi.  Aang ditemukan secara tidak sengaja oleh dua orang bersaudara, Sakha (Rathbone) dan Katara (Peltz).

Untuk menjadi avatar, Aang harus berlatih menguasai keempat elemen, yaitu Angin, Air, Api, dan Tanah.  Hal ini menjadi sulit dengan adanya pengejaran agresif dari Prince Zuko (Patel).

It’s gonna be a highly expected movie, walau sedikit kecewa.  Kenapa Pangeran Zuko yang merupakan favorit semua orang harus dimainkan Dev Patel ?  Maaf banget, Dev, nice acting in Slumdog Millionaire, but that doesn’t make you look like a prince.  Apakah ini nepotisme sesama orang India oleh sutradara ?

#5  The Wolfman

Release Date: February, 2010

Starring: Benicio Del Toro, Anthony Hopkins, Hugo Weaving, Emily Blunt, Geraldine Chaplin, Kiran Shah, Art Malik

Director: Joe Johnson

The Wolfman

The Wolfman

Totally not a typical Valentine movie, eh ?

Movie ini, sayangnya, adalah sebuah remake dari sebuah film lama berjudul sama yang rilis tahun 1941.  Kurang kreatif memang, but hey, nobody would have watch this at that year anyway.  Kita khan masih belum merdeka.  Hahaha ..

Saudaranya tiba-tiba hilang, maka seorang bangsawan bernama Lawrence Talbot (Del Toro) kembali ke rumah keluarganya untuk menginvestigasi.  Disana, selain bertemu dengan ayahnya (Hopkins), ia juga bertemu dengan tunangan adiknya, Gwen Conliffe (Blunt).  Tapi yang selama ini menghantui malam-malam penduduk Blackmoor ternyata bukanlah sesuatu yang benar-benar manusia.  Bahkan Inspektur Aberline (Weaving) sekalipun tidak dapat memberikan penjelasan yang rasional untuk membantah rumor itu.

Dan bla bla bla, let’s just go to the point.   Sang kakak jatuh cinta kepada tunangan adiknya, yang sedang dicarinya itu, dan merasa bahwa Gwen, si cewek yang ‘diperebutkan’ itu, berada dalam bahaya dengan adanya ancaman dari kegelapan hutan, yang konon bersumber kepada seorang manusia serigala.  Maka, demi cinta, dia memberanikan diri memasuki hutan yang disinari bulan purnama untuk membunuh si manusia serigala, sebelum manusia serigala itu menghancurkan cintanya.   Padahal, ngapain susah-susah, cinta khan cuma butuh Alpenliebe (jayus mode).

#6 The Imaginarium of Dr. Parnassus

Release Date: December 25, 2009

Starring: Heath Ledger, Christopher Plummer, Verne Troyer, Lily Cole, Andrew Garfield, Tom Waits, with Johnny Depp, Colin Farrell, and Jude Law

Director: Terry Gilliam

Dr Parnassus

Dr Parnassus

Bersetting di masa kini, Doctor Parnassus (Plummer), seorang manusia abadi berumur sekitar 1000 tahun yang konon merupakan versi manusia dari Tuhan, memimpin sebuah rombongan teater, mencakup seorang ahli olah tangan bernama Anton (Garfield) dan kurcaci bernama Percy (Troyer) yang menjajakan kesempatan untuk meninggalkan realita melalui sebuah cermin ajaib kepunyaan Dr. Parnassus.  Parnassus memiliki kemampuan mengendalikan imajinasi orang lain karena kontraknya dengan Devil (Waits), yang sekarang datang untuk mengambil tumbal, dan mentargetkan anak perempuan Parnassus (Cole). Rombongan ini, yang kemudian mendapat seorang pendatang misterius bernama Tony (Ledger – Depp – Law – Farrel), berkelana dari dunia pararel yang satu ke yang lainnya untuk menyelamatkan sang gadis.

Seharusnya film ini sudah bisa kita tonton awal tahun ini, tapi karena kematian Heath Ledger yang mendadak, terpaksa produksinya pun ditunda, dan akhirnya akan dirilis natal 2009 (bukan 2010 lagi, Ze ?).  Namun script-writers yang terlibat, syukurnya, sangat-sangat-sangat-kreatif-banget.  Mereka membuat karakter Tony menjadi seseorang yang selalu bertransformasi setiap mereka berpindah dunia pararel.  Dan tadaaa, Tony is simply a four-great-hunks man !

#7  Sherlock Holmes

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes

Release Date: December 25, 2009

Starring: Rachel McAdams, Robert Downey, Jr., Jude Law, Mark Strong

Director: Guy Ritchie

Ah, simply my type of movie.  Detektif terkenal, dengan sutradara termahsyur, dan deretan cast bintang lima.  Not quite 2010 movie, but you know Indonesian’s theaters.

Sebenarnya cuma salah satu petualangan lain dari sang detektif ternama ciptaan Sir Arthur Conan Doyle, Holmes (Downey), yang didampingi oleh asisten setianya, Watson (Law).  Kali ini mereka mengadu otak, dan nyali, dengan seorang nemesis yang mengancam seluruh Inggris.

Movie ini konon ada saingannya, Sacha Baron Cohen dan Will Ferrel yang bakal jadi peran utama, but Guy Richie knows just when to start.

#8 Iron Man 2

Iron Man 2

Iron Man 2

Release Date: May 7, 2010

Starring: Robert Downey Jr., Mickey Rourke, Scarlett Johansson, Don Cheadle, Gwyneth Paltrow, Samuel L. Jackson

Director: Jon Favreau

Totally most anticipated superhero movie of 2010, liat aja dong pemaennya.  Ditingkatkan daripada prekuelnya, Iron Man (tanpa embel-embel).  Not much to say about this movie, karena Favreau rupanya pelit soal berbagi cerita.  All I know is, Iron Man 2 bersetting sekitar 6 bulan dari cerita Iron Man pertama.  Yang menarik, kali ini Iron Man bakal berhadapan dengan super villain yang populer di kalangan penggemar komiknya, War Machine dan Whiplash.

#9 Toy Story 3

Release Date: June 18, 2010

Starring: Tom Hanks, Tim Allen, Joan Cusack

Director: Lee Unkrich

Toy Story 3

Toy Story 3

Sebelum saya dicap sebagai CGI addict, mari mengenang masa kecil.  Long time no see some Toy Story, eh ?  Toy Story 3 mengalahkan “Shrek Forever After” di pikiran saya.  Nothing new, just another toys’ problem.

Andy (itu lho, anak kecil pemilik mainan-mainan itu) sekarang sudah dewasa, dan sedang memasuki bangku kuliah.  So, para mainan pun, sebagaimana semua kenangan masa kecil kita semua, harus rela ‘digudangkan’, termasuk Woody dan Buzz Lightyear.  Tapi tiba-tiba, Andy memutuskan untuk membawa Woody, his once-fav toy.  Celakanya, sebelum semua mainan itu beristirahat dengan tenang di loteng, mereka secara ga sengaja dibuang !

Uh oh !  Mereka ternyata dipungut sama seorang tukang sampah, dan diserahin ke sebuah tempat penitipan anak, sehingga mereka harus berjuang bertahan dari ‘serangan’ anak-anak prasekolah.  Believe me, I can imagine how crazy it will be.  Sekarang semua bergantung kepada Woody untuk nyelametin temen-temennya, juga menemukan ‘rumah baru’ untuk mereka semua.

#10 Clash of The Titans

Release Date: March 10, 2010

Starring: Sam Worthington, Liam Neeson, Ralph Fiennes, Gemma Arterton

Director: Louis Leterrier

Clash Of The Titans

Clash Of The Titans

Oh, c’mon, you see this coming !

Sebuah remake dari film petualangan tahun 1981, Perseus (Worthington), yang sebenarnya merupakan seorang dewa namun dibesarkan sebagai seorang manusia, berusaha mengalahkan sang dewa jahat, Hades (Fiennes) sebelum Hades mendapatkan kekuatan dari Zeus untuk membuka gerbang neraka di bumi.  Dia harus bertarung dengan makhluk-makhluk mistis agar dapat membebaskan seorang putri yang ditawan (Arterton).  Satu-satunya cara ia dapat menang adalah dengan menerima kekuatan dewa-nya, namun dengan demikian akan kehilangan takdir manusianya.  Sum kinda Hercules, eh ??

Yang juga harus ditunggu adalah bahwa vokalis Muse, Matthew Bellamy (ah, my lovely lovely cherry pie), mengatakan akan menggarap beberapa lagu secara eksklusif untuk menjadi soundtrack film ini.

And for the closing, I have some recomendations to watch from the end of this year up to next year.

1. Jonah Hex

Jonah hex

Stars : Josh Brolin, John Malkovich, Megan Fox

Directed by: Jimmy Hayward

Release Date: June 18, 2010

Petualangan seorang Wild West bounty hunter yang wajah seramnya menutupi kebaikan hatinya.

2.  The Princess and The Frog

Stars : Anika Noni Rose, Oprah Winfrey, Keith David

Directed by: Ron Clements and John Musker

Release Date: December 11, 2009

Apa jadinya kalau sang putri mencium pangeran, yang dikutuk menjadi kodok, dan malah ikut berubah menjadi kodok ??!

3. Astro Boy

Stars : Freddy Highmore, Nicholas Cage, Kristen Bell, Donald Sutherland, Eugene Levy

Directed by: David Bowers

Release Date: October 23, 2009

Astro Boy yang dibuang ayahnya, kembali ke kota untuk menemui sang ayah dan mengalahkan musuhnya, Ham Egg.

4. Tekken

Stars : Cary-Hiroyuki Tagawa, Luke Goss, Chung Le

Directed by: Dwight H. Little

Release Date: December 31, 2009

Seorang petarung muda menyadari bahwa ia memiliki kekuatan yang tidak biasa.  Petarung-petarung elit lain mencoba membunuhnya demi mendapatkan kekuatan itu.

5. Date Night

Stars : Steve Carell, Tina Fey, Mark Wahlberg, Mila Kunis

Directed by: Shawn Levy

Release Date: April 9th, 2010

Sepasang suami istri yang mengalami kejenuhan rumah tangga sedang berkencan, dan akibat salah identitas di sebuah bistro, mereka harus berhadapan dengan polisi korup, mafia, dan mendapatkan sebuah kencan tak terlupakan.

Well, that's all, folks.  Enjoy these good movies soon, and remember,
PIRATED VERSIONS ARE NOT COOL !

4 Komentar

  1. oRiDo™ said,

    Oktober 15, 2009 pada 6:31 am

    Prince of Persia, Avatar, Ironman…
    wow.. gak sabar pengen liat pilem nya…😀

    iya, saya juga.
    paling seru kalo nonbar.

    thx for stopping by.🙂

  2. lumansupra said,

    November 7, 2009 pada 7:20 pm

    dapet bocoran darimana neng?
    lama aku ndak mampir ke sini….😀

    aku milih film’e robert downey jr. (maklum, fans berat… hehe)

    ada dua tuh film robert downey.🙂
    dan jangan lupa harusnya september ini ada film menarik lain yg harusnya sudah keluar,
    * Cirque Du Freak; The Vampire Assistant
    * Dorian Gray

    dapet dari browsing sana-sini.
    hahaha ..

  3. cimon said,

    Mei 28, 2010 pada 2:44 pm

    ironman 2 keren tuhhh..
    nonton sendiria ajahh

    iya, bagus.
    efeknya juga bersih banget.
    sayangnya kurang dibahas soal si Ivan Vanko-nya,
    darimana dia dpt biaya proyek awal, dst dst dst.
    wajar sih, makanya judulnya Iron Man 2, bukan Ivan Vanko 1.😀

  4. Juni 9, 2010 pada 1:14 pm

    Kok Eclipse ngga masuk list ya?

    saya ga begitu suka sama Twilight Saga,
    saya termasuk penganut kepercayaan bahwa Twilight ngejiplak Southern Vampires.
    dan akting pemeran utamanya juga belum pantes diacungi jempol.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: