Tom Yam Piss; Sop Udang Bau Pesing

Ini adalah kejadian yang baru-baru ini gue alamin, dan ini baru banget, alias baru kemaren. Ga cuma cerita, post ini bisa dipraktekin beneran kok. Ini resep yang terbukti aman, kalo dibaca sampe akhir.

Ceritanya, untuk hari pertama berbuka nie, gue pengen buat masakan sendiri. Yang keren dikitlah, gue nyiapin bahan untuk buat Tom Yum Gong, sop seafood Thailand. Kebetulan gue lagi ngidam udang. Langsung gue tancep ke allrecipes.com dan dengan semangat 45, belanja ke Carrefour.

Tom Yam Goong

Tom Yam Goong

Yang gue beli itu so pasti UDANG dan CUMI sebanyak yang mampu gue beli, terus batang sereh, lengkuas sebiji, dua biji lemon, sepaket daun jeruk, cabe merah, cabe rawit, cabe caplak, en kecap ikan. Yang pasti lebih murah beli semua ini daripada lo makan di Suki Zuki. Gue ngacak-ngacak kosan orang dalam proses nyiapin bahan-bahan ini, berhubung enaknya dimakan tidak sendirian.

Tahap pertama, gue bikin kaldu udang. Tulisan di resep : EMPAT CANGKIR AIR direbus bersama kulit dan kepala udang selama 20 menit lalu biarkan sampai jadi hangat. Cangkir yang lagi bersih di kosan temen gue ini cuma cangkir kopi, itu loh yang bonus paket nescafe. Nah gue tuang deh empat cangkir, karena masih dikit, gue kasih secangkir lagi.

Tahap kedua, selama merebus kaldu udang, siapkan bumbu-bumbu. Dua batang sereh dipotong-potong jadi seukuran korek api, begitu kata resepnya. Yang ada di pikiran gue, tentu gak pake pentulnya, karena bakal susah buatnya (begox). Siapin 4 lembar daun lemon. Kupas lengkuas, ambil 4 iris aja (busyet banget gak? Padahal gue beli lengkuas gede banget!). 2 cabe merah, 2 cabe rawit, dan 2 cabe caplak diiris-iris. Kenapa beda-beda? Masalah estetika doang. Aslinya sih cuma pake cabe caplak, tapi tar ga da warna ijo dong??

Tahap ketiga, bikin air jeruknya. Tulisan di resep : peras 1,5 JERUK LEMON (medium). Gue nurut deh. Terus gue inget kalo gue udah ngelebihin airnya, jadi gue suruh aja temen gue peres semua si lemon.

Tahap ketiga, campur kaldu udang sama air jeruk, terus disaring. Kalo udah disaring, panasin lagi. Yang gue heran, setelah dipanasin, keluar bau…. PESING!!! Udah gitu jadi warna IJO!! Gue langsung mikir, oh my God, WHAT HAVE I DONE???!! Jangan-jangan kalo temen gue makan ini, dia berubah jadi HULK!! Untung temen gue lagi keluar nyari minuman buat buka, jadi dia ga menyaksikan hal ini. Boneka CJ7 di sudut kamar jadi saksi bisu.

Tapi gue menguatkan diri, siapa tau jadi normal ni masakan kalo udah dimasukkin semua. Masukkin semua bumbu bersama satu sendok teh gula putih, satu sendok teh garam, dan 1,5 sendok makan kecap ikan. Masukin Udang en Potongan Cumi yang udah dibersihin. Kebetulan temen gue balik, en sekarang bau tuh masakan udah normal, saudara-saudara. Kebetulan adzan juga udah kedengeran, jadi gue buka dulu deh, minum. Lalu menguatkan diri nyicip masakan yang belum mateng-mateng amat itu. Ternyata rasanya… ASEEEEEEEEEEEEMMMM!!! Persis kayak udang dicelup jus lemon, tentunya bukan makanan yang enak.

Dengan rasio gue yang jenius ini, gue memutuskan bahwa gelas nescafe bukanlah gelas takar yang layak. Kalo masak, ato bikin kue, ikutin kata mama dan nenek, pake gelas belimbing. Tapi boleh juga pake labu ato gelas lab lainnya yang bebas H2SO4 kalo mau bener-bener ngukur takarannya. Intinya, jangan gunakan benda-benda gratis untuk nyoba resep.

Jangan beli lemon impor ato lemon organik, karena mereka biasanya berukuran RAKSASA. And I mean it! Pake lemon lokal yang berukuran normal. Kalo cuma ada lemon raksasa, kurangi takaran resep sampe sepertiganya. Misalnya, dalam kasus gue, kalo ditulis 1,5 ya pake satu aja. Kalo kurang, tambah belakangan, daripada kelebihan.

Anyway, setelah nambah air en beberapa bumbu (kecuali lemon en sereh, juga daun jeruk), masakan gue pun terselamatkan dan menjadi Tom Yum Goong yang melebihi rasa masakan yang sama di Thai Palace (halah). Setelah kenyang, temen gue pergi maen bareng anak-anak kosannya, ninggalin gue nonton tayang ulang Sergeant Keroro. Pas nonton, koq gue laper… Setelah meminta izin, gue mulai makan. Tanpa terasa gue melupakan pesan temen gue, “sisain semangkok ya!” Dan saat gue inget, sisanya tinggal sesendok.

Resep asli = *link ke allrecipes.com*

(what doesn’t kill you makes you stronger,

except if it gives you permanent retardation)

12 Komentar

  1. warmorning said,

    September 3, 2008 pada 1:43 am

    saya jadi ” ngiler” dan kaw harus bertanggung jawab !!!😀

  2. ulan said,

    September 3, 2008 pada 1:55 am

    wakakakkakakaka… eh aku juga lagi pengen masak tom yum tapi kemaren beli bumbu jadi doang sih.. makasih ya udah share.. say hi to ur boyfriend..

  3. meronia said,

    September 3, 2008 pada 3:13 am

    Ajo , , ,
    *tak mampu b’kata2

  4. katie4zee said,

    September 3, 2008 pada 4:18 am

    @warmorning
    Hehehehe…
    Kasian yah yang puasa,
    ada gambarnya pula…

    @ulan
    sama-sama, mba.
    kalo males bikin kaldu,
    emang enaknya pake pastanya,
    tapi tetep dikasii bumbu biar mantapphh.
    huhuhu…
    (posesif mode on)
    apaan nih salam2an???
    Hehehe…
    iya deh, mba.
    tar akko sampein…

    @meronia
    but you did!

  5. meronia said,

    September 3, 2008 pada 12:36 pm

    Aku… AKU HANYA BERKATA AJO!

  6. heroine19th said,

    September 5, 2008 pada 10:24 am

    @mero
    kao jg blg
    *tak mampu b’kata2

    @si empunya blog
    sneng kan sm yg pesing2.?

  7. katie4zee said,

    September 5, 2008 pada 4:36 pm

    @bero
    AJO is a word!

    @beru
    kau gitu, misalnya…

  8. wahyumedia said,

    September 11, 2008 pada 4:31 am

    laper apa doyan.
    sepanci abiz..

  9. seirra said,

    Desember 4, 2008 pada 6:23 am

    wah,,
    ternyata ziggy pertama dan ziggy ketiga sama^ pintagh masagg,,

    maulah nyicip masakan kk nya ziggy,cii ziggy jugga ,,

    hehe .

  10. katie4zee said,

    Desember 4, 2008 pada 7:09 am

    @wahyu
    wah,
    keduanya deh . .

    @seirra
    hahaha . .
    gagg gratis lho !

  11. seirra said,

    Desember 16, 2008 pada 3:04 am

    kalo saiia mnta di masakin tapi bumbu dan bahan nya ngambil di dapur ayah,giman ?
    teteup bayar gg ?

  12. katie4zee said,

    Desember 22, 2008 pada 6:21 am

    @seirra
    tentu masii.
    khan bayar keringet koki.
    hehe . .


Tinggalkan Balasan

