GLOBAL WARMING itu BOHONG?

Konon ya, global warming itu bohongan, cuma isu yang dibuat manusia-manusia pebisnis dan kalangan fanatik pecinta alam yang demen berdandan hippie. Dan ini juga didukung sama banyak ilmuwan, misalnya sama Bob Carter. Kata si bapak ini, global warming udah berenti taon 1998. Konon dari tahun 1998, temperatur udah berenti memanas walaupun kita tetep aja nyumbang CO2 ke udara.

Dan gue dapet sekitar 35 alasan pembantah film Inconvenient Truth yang menarik untuk dibaca, dibuat sama Christopher Monckton of Brenchley.

[link —- klik disini]

  1. Permukaan laut naek 6 meter karena melelehnya es. Tapi IPCC, sebuah badan PBB, pernah bilang kalo kenaekan air laut sampai 7 meteran itu sih masih normal dan terjadinya secara alami. Malah, menurut IPCC juga, permukaan laut bakal naek cuma 59 cm sampe tahun 2100.
  2. Pulau-pulau Pasifik tenggelem! Gimana mau tenggelem kalo naeknya cuma 59 cm sih??! Bahkan di situ, cuma naek ekitar 30 cm, dengan erosi yang ga seberapa. So yes, those islands are safe.
  3. Sirkulasi thermohaline (arus panas gitu kayaknya) berhenti, dan kemungkinan bisa bikin Eropa jadi daratan es. Di tahun 2006, ada paper yang nyatain arus panas ini OK aja, lagian koq global warming malah jadi beku ya?
  4. CO2 mengendalikan temperatur bumi. Memang bener nih, CO2 memang bikin efek rumah kaca, tapi jumlah dan efeknya ga seberlebihan kayak yang kita pikir!
  5. Gara2 global warming, salju di Gunung Kilimanjaro meleleh. Padahal esnya emang udah mulai meleleh dari 125 tahun yang lalu, dan meleleh secara natural karena tiap musim panas suhunya selalu naek sampe sekitar -7 derajat Celcius (musim dinginnya gmn ya?)
  6. Danau Chad (Afrika) mengering, gagg juga koq. Lagian banyak danau kering sejak berjuta-juta tahun lalu, karena terus menguap dan banyak danau yang ga ada sumber air selain air hujan.
  7. Badai Katrina itu gara2 global warming, trus kenapa Twister dibuatnya jaman dulu? Artinya badai begitu emang udah selalu ada khan?
  8. Beruang Kutub mulai punah, tapi menurut data, tahun 1940 ada sekitar 5000 beruang, tahun 2006, setelah dilarangnya perburuan, ada lebih dari 25.000 beruang. Jadi ancaman sesungguhnya itu perburuan, lagian di tahun 2005, cuma ada 4 beruang yang mati.
  9. Terumbu karang memutih, terjadi tahun 1998 gara2 El Nino, dan pernah terjadi juga 125 tahun lalu, gara2 El Nino juga.
  10. 100 ppmv (part per million volume – bagian per sejuta) CO2 bisa ngelelehin 1 mil es, padahal jumlah segitu cuma bisa naekin temperatur sampe 1,2 derajat Celsius, dan itu udah maksimum banget!
  11. Badai Katrina bukan kesalahan manusia, soalnya aliran udara itu khan terjadinya alami!
  12. Topan di Jepang sampe mencatat rekor!!! Wha, fakta yang berlebihan, topan khan emang bencana rutin di Jepang dari jaman yang bahkan jauh dari saat terbit jilid pertama Doraemon.
  13. Badai-badai makin kenceng, tapi Discovery Channel terus nayangin badai2 jaman baheula yang bisa ngancurin satu kota sekaligus.
  14. Asuransi Badai pada rugi, padahal tahun 2006, sebuah perusahaan asuransi di London ngaku mereka dapet keuntungan terbesar tahun itu.
  15. Mumbai banjir, padahal data nunjukin selama 48 tahun jumlah hujannya ga meningkat tuh.
  16. Tornado makin banyak, padahal emang karena teknologi makin canggih, jadi tornado sekecil apapun bisa kita deteksi dan jadiin berita. In fact, tornado selama 50 tahun ini jauh berkurang.
  17. Matahari memanaskan Lautan Artik, padahal bukan mataharinya, tapi radiasinya di atmosfir, dan ini normal!
  18. Artik memanas dengan cepat, padahal ini udah terjadi sekian lama, buktinya udah lama kapal-kapal dagang bisa berlayar disana, kalo emang dari dulu es semua, gimana berlayarnya?
  19. Es di Greenland jadi ga stabil. In fact, terakhir kali melelehnya Greenland itu 850.000 taun yang lalu waktu manusia bahkan gak ada. Malah konon, terus tumbuh sejauh 2 inci per tahun.
  20. Berkurangnya jumlah lelehan Glacier Himalaya sebagai pasokan air minum dunia, padahal memang selama ini banyakan kita tuh minum lelehan salju, bukan esnya.
  21. Glacier Peruvian ilang, dan itu memang udah mulai terjadi sejak 10.000 tahun yang lalu.
  22. Glacier di seluruh dunia meleleh, dan itu bukan hal baru, karena udah terjadi sejak 1820, dan banyak juga yang sebelum itu.
  23. Gurun Sahara makin kering, dan ini salah banget karena baru2 ini tahun 2007 baru ada ujan disana, dan selama 25 tahun belakangan Gurun Sahara mengecil gara2 hujan. Bahkan di Afrika Selatan, jumlah hujan itu lebih stabil sejak abad ke 20.
  24. Es Antartika Barat gak stabil, dan bukan karena berkurang, tapi terus tumbuh koq karena sebenernya temperaturnya makin dingin setengah abad belakangan.
  25. Lempeng es Peninsula Antartika retak dan lalu meleleh sampe abis. Sebenernya lelehan ini udah nyatu lagi karena temperatur turun dan jadilah wilayah 155 kali besarnya Texas.
  26. Lempeng Es Larten B retak dan menghilang dalam 35 hari, padahal terjadi udah dari 10.000 tahun yang lalu.
  27. Nyamuk sekarang ada di tempat tinggi karena suhu naek, padahal emang nyamuk gak perlu suhu tropis, dia cuma butuh 15 derajat Celcius untuk berkembang biak. Dan belakangan ini, malaria berkurang koq!
  28. Penyakit daerah tropis menyebar gara2 global warming. Yang sebenernya, penyakit itu nular bukan lewat temperatur yang panas, tapi karena tikusm serangga, unggas, primata, babi, kurangnya kebersihan, air conditioner kotor, dan suhu dingin yang pastinya bikin pilek!
  29. Virus West Nile nyebar di Amerika bukan karena global warming, mungkin emang ada yang bawa virus itu kesana, karena virus itu toh bertahan dalam segala cuaca.
  30. Karbon dioksida itu polusi, padahal kita terus nanem pohon yang butuh karbon dioksida buat fotosintesis. Dan tenang aja, sesungguhnya kadar CO2 saat ini itu rendah. Sekitar setengan milyar tahun lalu, volumenya mencapai 7000 per juta dan itu sekitar 18 kali lebih banyak dari sekarang.
  31. Gelombang panas di Eropa tahun 2003 ngebunuh 35.000 orang, begitu juga serangan dingin yang dateng abis itu yang ngebunuh 20.000 orang dan serangan dingin lebih sering terjadi. Jadi jangan melebih-lebihkan berita.
  32. Burung Pied Flycatcher susah dapet makan, dan ini jelas bohong, karena burung ini tukang migrasi dan pinter beradaptasi.
  33. Banyak salah gambar di film ini. Misalnya di adegan yang katanya burung Pied Flycatcher lagi ngasih makan ulet ke anaknya. Padahal itu burung Black Tern, dan dia lagi bawa ikan kecil.
  34. Barrier Thames makin sering tutup, dan ini gara2 kebijakan pemerintahnya, bukan gara2 global warming.
  35. Menurut film ini, di tahun 2050, CO2 bakal naek sampe 600 bagian persejuta dan ini gak terbantahkan. Padahal, ramalan IPCC gak ada yang sampe sebanyak itu peningkatannya. Nah lhooo.

Bener atau enggaknya, gue suka film itu, sekalipun film itu bohong sekalipun soalnya banyak juga sisi positifnya. Emang harus gue akuin, sejak ada Global Warming, ini merupakan area bisnis yang nguntungin. Toko-toko lomba bikin kantong kertas, kayak Carrefour malah jualan tas belanja kaen dan kantong plastik yang konon dari serat tanaman jadi ramah lingkungan. Anak ITB bener2 lomba bikin kemasan ramah lingkungan. Semua makanan organik laris manis. Barang daur ulang booming. Tapi, sekalipun semua bohong, gue seneng ngeliat perubahan gaya hidup kayak gini. Global warming atau nggak, gak ada salahnya kita hidup sehat en ramah lingkungan.

Gue gak bisa bilang postingan ini bener atau nggak, dan gue juga gak begitu tertarik untuk ikut perdebatan global mengenai Global Warming is a Hoax or not. Tapi yang pasti, gue mendukung gerakan cinta lingkungan dan dorongan hidup sehat. Justru isu global warming khan menguntungkan banyak pihak toh. gak cuma pebisnis, politikus, kita yang orang umum juga ngerasain. Makin sehat, makin bersih, dan makin nyaman.

So, kalo ada yang ngajak debate tentang global warming, gue cuma bakal bilang.

“What the hell, just GO GREEN!”

22 Komentar

  1. ANGGA! said,

    Mei 7, 2008 at 6:35 pm

    KEREN ZEE !!
    GW SUKA BLOG NYA NEH,,

    COMMENT GW,,
    GO GREEN !!
    SETUJU !!

  2. katie4zee said,

    Mei 8, 2008 at 1:27 pm

    hmmm.
    kalo ada yg nanyain fact,
    kenapa begitu??
    itu bukan semuanya membantah GLOW
    (global warming),
    tapi, membantah incovenient truth.

    but gwe rasa,
    itu juga ngebantah,
    anti argumen dari “GLOW is caused by human race” gitu.

    @angga
    gwe emang slalu keren.
    wkwkwk!

  3. erickningrat said,

    Agustus 8, 2008 at 5:05 am

    hmmmmm…..
    pertama salam kenal dolooo…
    keduax gw…..gw ga begitu mengerti tentang isu ke tiga puluh lima item yang di atas…..

    menurut gw… ga paradoks banget artinye asumsi yang di tulis menggunakan waktu dan siklus alami sebagai barometer,padahal khan belon tentu bener artinya menicptakan suatu isu untuk membunh isu yang laennya ?,, ke tiga puluh lima item di atas sangat kontradiktif ma esensi kalimat artikel lo yang terakhir…. so menciptakan bad think dan salah presepsi akhirnya tujuan dari lets go green lo…. jadi minor….yu kno that? sia2 artinya

  4. katie4zee said,

    Agustus 10, 2008 at 8:32 am

    hmmm… hmmm…
    hahaha…
    lo seharusnya mendalami juga kalimat pembuka,
    bahwa fact di atas BUKAN pembantah global warming,
    tapi membantah INCONVENIENT TRUTH. ^^
    dan bahwa global warming, menurut gwe,
    adalah sebuah “isu” yang dilebih2kan.

    soalnya gwe ga mao,
    tiap orang baca sesuatu tentang global warming,
    langsung mikir “oh my god, this is THE END”.

    sebagai pecinta alam yang juga humanis,
    gwe ga suka orang BERUSAHA cinta lingkungan
    karena merasa terancam,
    emosi kayak gitu cepat padam,
    gampang dimanfaatkan,
    en rapuh..

    gwe percaya,
    kalo menawarkan fakta yang ga berlebihan
    bakal munculin rasa melindungi yang lebih
    karena berasal dari kesadaran sendiri,
    bukan karena takut dunia bakal kiamat. ^^

    salam kenal! ^^

  5. jatnika said,

    Agustus 14, 2008 at 1:07 pm

    mungkin u emang bener….
    kalo aja semua pecinta alam itu kaya u, gak perlu ada ancaman atau iklan yang kata u cuma isu…
    sayangnya…. gak semua kaya u…
    ada yang sadar sebelum semuanya terjadi. contohnya u
    ada juga yang sadarnya kalo dikasihg tau dulu….

    menurut w, isu atau engganya tentang GLOW patut jadi perhatian untuk semua orang.
    paling engga menyadarkan seseorang tentang sebuah akibat yang akan ditimbulkan apabila manusia tidak mengerti apa yang seharusnya dilakukan untuk menjaga bumi…..

    ok……mungkin itu dari gw…..
    sekedar negelongok…..
    dan coba ngasih comment

    senang kenal dengan orang yang peduli dengan lingkungan……

  6. katie4zee said,

    Agustus 26, 2008 at 3:30 am

    @jatnika
    hehehe..
    maklum,gwe penganut aliran free will..

    tapi,gk masalah deh apa pun yg lo anut,
    yg penting love ur nature!

  7. September 12, 2008 at 4:03 pm

    [...] bumi, dan sebaliknya. Kenapa demikian? karena ada sebagian masyarakat yang skeptis dan tidak percaya adanya fenomena pemanasan global, itu adalah realita. Anda bisa menemukan ribuan ilmuwan dan institusiyang mengatakan bahwa global [...]

  8. erickningrat said,

    September 13, 2008 at 6:34 am

    gini sista gw balik lagi…

    emang semua orang tuh beda, dan rata2 public itu butuh satu stimulan semacam berita2 tentang akibat dari global warming itu sendiri, kalo semua person kayak lo berarti ga perlu ribet lagi buat2 lembaga2, LSM, organisasi hanya untuk nyadari masy bahwa mencintai lingkungan itu sangat penting, tapi kenyataan tiap person itu beda2 ada yang sadar tampa di ajak, ada yang susah, dan ada yang tidak mau sama sekali diajak utnuk mencinta merawat dan menjaga lingkungan. jadi dalam konteks massa/masy, penyadaran melalui isu2 semacam itu sangat penting, walao terkesan ambigu tapi nilai psoitif yang di timbulkan untuk membuat sadar masyarakat terhadap pelestarian lingkungan akan semakin bertambah, ada pepatah mengatakan berbohong untuk kebaikan itu kadang ideal juga ;)

  9. wahyucemon said,

    September 18, 2008 at 5:37 am

    enakan tinggal dikampung…

  10. wahyucemon said,

    September 18, 2008 at 5:41 am

    eehh aku juga punya artikel tentang global warming..
    kebetulan tu tugas kul gw tentang UNITED NATIONS FRAMEWORK CONVENTION ON CLIMATE CHANGE (UNFCCC) I 3 – 14 DECEMBER 2007..

    lihat aja di blog cemon..
    sapa tahu bisa tambah pengetahuan..

    mari lestarikan alam..

  11. katie4zee said,

    September 21, 2008 at 12:34 pm

    nah,
    berhemat sambil mencegah glow:
    JARANG MANDI

    @erick
    hehe…
    iya juga,
    enak kalo semua orang ikut hippie kayak gue…

    @cemon
    wow,
    bener-bener copy paste tugas.
    WALL OF TEXT
    hehehe…

  12. iqi said,

    Oktober 16, 2008 at 5:29 am

    lam kenal zee..
    Baru kali ini ketemu ada anak kecil ngacengin global warming,
    saluut deh..

    Iqi, Kyoto
    kaizen72@kais.kyoto-u.ac.jp

  13. katie4zee said,

    Oktober 16, 2008 at 10:29 am

    @iqi
    aku udah semester limaaa!
    DDOH,
    sapa sih yg ngemeng gwe nih anak kecil??!

  14. Januari 4, 2009 at 8:28 pm

    Global warming? Gombal Warning kali…..

    aneh, emg klu ditelisik punya telisik, dengan boombingnya isu global warmin menguntungkan pula beberapa pihak.
    tapi juga aneh, kalo aq rasa-rasa ada perbedaan besar yg aq rasakan antara sikon10 tahun yang lalu dengan sikon sekarang:

    *Suhu udara di kotaku meningkat 1-2oC (Aq pantau dr Termometer digital di salah sat supermarket pojok perempatan)
    *Musim hujan makin gak tepat waktu (ini dari hasil keluhan para Petani di desaku, karena puluhan tahun dulu mesti klo mau musim tanam itu bisa ditentukan dgn astronomi, tp udah g lg, bnyk mlesetnya c0z dtngnya msm ujan selalu telat [kyknya si musim jan mw h-mild nieh, telat mulu].. :lol:)
    *Gelombang air laut makin bertambah tinggi (seperti yg terlihat dr bekas hempasan gelombang di tebing tepi pantai di kotaku).
    *Kotaku makin HOT aja, g siang g malam….. :P

    Mungkin keempat fenom alam tsb terbantahkan dgn ke-35 alasan yg dtulis si Eneng diatas, atw mungkin ada syaraf perasaku yg lg error…..
    Yg bnra yg mana? Jd bngung ndiri :s Ini Fact atw cm Cerita Narasi belaka? Aneh…

  15. katie4zee said,

    Februari 1, 2009 at 2:53 pm

    @Street.Blogger
    bukan, ini GOMBAL MANING.
    hahaha . .
    tetep aja, bohong atau nggak,
    ga ada ruginya kita mulai cinta lingkungan ~

  16. andy.G said,

    November 9, 2009 at 7:16 am

    kirimin ne artikel ttg tak stuju glow ke email gw d0nk..
    Gw mw debat ne soal tak stuju glow
    >.<

    silakan mas andy copas saja post ini kalau mau digunakan dalam thread. :)

  17. Garda said,

    Februari 18, 2010 at 10:35 am

    saya setuju global warming bohong lalu kalau iya tujuannya apa… saya kira tujuan nantinya adalah masalah penguasaan sumber daya negara lain secara tidak langsung… dalang dari ini semua saya kira adalah YxxxxI sebagai penguasa terbesar ekonomi…sumberdaya terbesar saat ini yang belum berhasil dijajah salahsatunya adalah kekayaan Hutan… dengan issue global warming semua negara yang masih memiliki hutan akan diarahkan pada satu pengendalian pengelolaan… negara ybs tentu tidak dapat memanfaatkan semaunya tanpa persetujuan dari lembaga bentukan mereka nantinya…. harga kayu saja saat ini ada dalam pengendalian mereka kalau tidak ada eco label yang disyahkan oleh mereka makanya harganya akan sangat murah… embel2 pelestarian lingkungan sebenarnya hanya trik tipuan… anda bisa search google “global warming lies” untuk tambahan masukan.

    wah, makasih banget mas buat info tambahannya.
    saya setuju banget nih.
    kita nggak perlu mahal-mahal beli barang dengan logo ecolabel,
    beli barang produk dalam negeri aja itu sudah masuk pencegahan global warming koq. :)

  18. andi said,

    Februari 20, 2010 at 11:10 am

    REPOST LUUUUU!!!!!
    tulis dong referensi site aslinya
    Terima kasih

    teliti diri sebelum mengkritik, mas.
    itu saya udah kasih link-nya koq,
    dan itu masih kerja koq.
    saya bener-bener TRANSLATE sendiri,
    dan itu memang bahasa saya,
    dan ini pernah saya repost di suatu forum.
    mungkin JUSTRU yang mas baca yang MENGKOPI SAYA. :)

    • skdjskdj said,

      Desember 10, 2011 at 2:10 pm

      apapun bacaannya, minumnya teh botol sosor.

      nice inpoh

  19. melvin said,

    Februari 20, 2010 at 11:14 am

    wah info yang menarik, tapi perasaan aku pernah baca juga nih artikel ^_^! tapi gpp yg penting info ini tersebar luas, jd makin banyak yg baca makin bagus, semoga artikel ini bukan hoax dan bisa dipertanggungjawabkan oleh penulis.. nais inpoh miss,

    mudah-mudahan memang benar ya,
    saya pribadi sih memang ngerasa global warming itu dibesar-besarkan

  20. andi said,

    Februari 20, 2010 at 11:43 am

    yey dihapus commentku, sory kalo kasar tapi itu untuk kebaikan kamu jg, sebaiknya tulis referensi postingan ini, kita sebagai bloger punya kode etik sendiri. Terimakasih

    aku ga apus koq,
    belum diapprove aja.
    saya terima kritik, harsh or not. :)

  21. alfie said,

    Mei 2, 2010 at 2:17 pm

    wew..kerenz….thank buat inspirasinya,

    sama-sama, mas :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.926 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: